Bigbasz’s Personal Blog

Iseng- Iseng Tentang UEFA Champions League


Semifinal Liga Champions masih minggu depan. Tapi nggak ada salahnya iseng-iseng nulis tentang hal itu kan. Karena setelah baca-baca statistik Liga Champions dan sejarahnya ternyata ada fakta-fakta menarik baik mengenai sejarah Liga Champions maupun klub-klub semifinalisnya. Beberapa ada yang luput diulas media, walau sebagian juga sudah pernah diulas.

  • Setelah tahun lalu FC Barcelona menambah gelar klub Spanyol di UEFA Champions League aka UEFA Champions Cup menjadi 11, kali ini raihan 11 gelar itu akan disamai oleh Italia atau Inggris yang sebelumnya sudah meraih 10 gelar, karena hanya klub asal Inggris dan Italia yang ada di semifinal.

  • Mantan pelatih Timnas Indonesia Peter Withe ternyata mempunyai prestasi yang lumayan bagus di level klub sebagai pemain di ajang Piala Champions. Pada tanggal 25 Mei 1982 di Feijenoord Stadium, Rotterdam, Withe berhasil membawa klubnya Aston Villa meraih Piala Champions lewat gol tunggalnya ke gawang Bayern Muenchen.

  • Dua kompetisi sebelumnya yang mempertemukan 3 klub asal satu negara di semifinal membawa klub yang berasal dari negara yang dominan tersebut. Kalau dilihat pemenangnya berasal dari kota berhuruf depan M yaitu Real Madrid(kota Madrid) pada tahun 2000 dan AC Milan(kota Milan) pada tahun 2003. Pada semifinal tahun 2007 ini klub Inggris yang berasal dari kota yang berawalan M adalah Manchester United.

  • Liverpool FC dua tahun terakhir menjuarai turnamen knock-out setelah melewati Chelsea di semifinal. Tahun 2005 di Champions League dan tahun 2006 di FA Cup.

  • Liverpool FC adalah semifinalis 2007 tersukses asal Inggris dalam sejarah Liga dan Piala Champions dengan lima gelar.

  • Siklus tahun berakhiran 7, setelah tahun 1957 pada setiap tahun berakhiran angka 7 selalu hadir juara baru. Tahun 1967 Glasgow Celtic ,tahun 1977 Liverpool FC, tahun 1987 FC Porto dan terakhir tahun 1997 lewat Borussia Dortmund. Dari empat semifinalis tahun 2007 hanya Chelsea yang belum pernah juara Champions League maupun Champions Cup.

  • Stadion tempat final Champions League tahun 2007 adalah Olympic Stadium di Athena. Pada tempat yang sama tahun 1994 Milan sukses meraih gelar kelimanya setelah mengalahkan FC Barcelona dengan skor 4-0.
    AC Milan adalah semifinalis tahun 2007 yang paling sukses dalam sejarahnya dengan enam gelar Liga dan Piala Champions.

Siapa yang akan melaju ke final dan menjadi jawara Liga Champions tahun 2007 kita lihat saja nanti.

April 19, 2007 - Posted by | Sepakbola

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: