Bigbasz’s Personal Blog

Pendakian Perbukitan di Sangihe

Tahuna, ibukota kabupaten Sangihe merupakan daerah yang dikelilingi oleh perbukitan yang masih cukup hijau. Di beberapa titik di perbukitan tersebut terdapat beberapa air terjun yang berasal dari aliran air dari mata air yang ada di perbukitan tersebut. Namun karena air yang berasal dari mata air tersebut tidak terlalu besar, maka air terjun yang ada juga tidak terlalu besar, kecuali jika hujan turun barulah air terjun bertambah deras.

Free Image Hosting at www.ImageShack.usFree Image Hosting at www.ImageShack.us

Untuk mengisi waktu di hari libur sekaligus berolah raga, saya dan teman-teman bermaksud berjalan-jalan di kawasan perbukitan yang ada di sekitar Tahuna. Daerah yang akan kami tuju adalah kawasan perbukitan di sekitar Kaluhage. Sabtu pagi 21 April 2007 kemarin, saya beserta 6 orang rekan dari KPPN Tahuna kami berkumpul di kediaman bapak Suherman yang merupakan Kasubbag Umum KPPN Tahuna. Karena hujan sempat turun yang membuat rencana keberangkatan sedikit tertunda. Barulah pada sekitar pukul 08.00 WITA kami berangkat dengan berjalan kaki.

Free Image Hosting at www.ImageShack.us

Daerah yang kami lalui tersebut bukanlah kawasan wisata atau daerah pendakian yang sering didatangi para pecinta alam. Daerahnya masih asli dan tidak ada sama sekali petunjuk jalan. Saat melewati kawasan pedesaan kami masih bisa bertanya pada penduduk lokal mengenai arah yang harus kami lalui. Saat sudah masuk di kawasan hutan, di mana jalan yang ada hanya jalan setapak dan ada beberapa persimpangan, kami mulai kebingungan. Akhirnya kami hanya mantap saja dalam memilih arah persimpangan. Terkadang jalan yang kami tuju buntu. Banyak daerah yang tidak dibuat jalan walaupun setapak. Hal ini membuat kami harus melewati hutan perbukitan yang seperti belum terjamah tangan manusia. Jalan yang dinaiki pun tergolong terjal dan cukup licin yang membuat kami harus ekstra hati-hati.

Free Image Hosting at www.ImageShack.usFree Image Hosting at www.ImageShack.usFree Image Hosting at www.ImageShack.us

Kami berjalan tanpa arah yang jelas dan akhirnya menemui tempat yang terjal sekali di mana sangat sulit dilewati tanpa alat-alat bantu pendakian. Karena kami rasa sulit untuk melanjutkan pendakian, kami memutuskan untuk turun kembali ke bawah. Yah dengan sedikit perasaan kecewa kami berjalan turun menuju pedesaan di lereng perbukitan. Di tengah perjalanan, kami menemukan sungai yang cukup dangkal dan jernih sekali airnya. Kami pun akhirnya mengubah rencana, kami memutuskan untuk beristirahat di sungai tersebut untuk mandi dan berendam di sungai tersebut. Tidak dapat air terjun, tetapi tetap dapat merasakan air yang sangat alami.

Free Image Hosting at www.ImageShack.usFree Image Hosting at www.ImageShack.us

Ya begitulah pengalaman yang mungkin sangat berharga bagi kami. Untuk sekedar mengisi waktu libur, kegiatan tersebut sangat menghibur. Walau setelah sampai rumah badan dan kaki terasa pegal semua dan ada ada sedikit perasaan kecewa karena tidak berhasil mencapai air terjun, namun ada perasaan puas karena bisa menghirup udara yang segar di perbukitan Sangihe.

Untuk foto-foto lebih lengkapnya bisa dilihat di sini