Bigbasz’s Personal Blog

“Autobots, Roll Out!” Transformers (2007)

Apa sih untungnya tinggal di negeri yang banyak terdapat barang bajakan terutama DVD film?Jawabannya mungkin kita bisa dapat tontonan yang murah dengan kualitas lumayan bagus dan tidak sulit didapat. Selain itu ternyata ada hal lain yang menguntungkan para pecinta film. Keuntungan itu adalah cepatnya peredaran film-film baru dari Hollywood di bioskop-bioskop Indonesia. Hal ini ditempuh distributor-distributor film untuk menghadapi para pembajak.

Salah satu film yang sangat cepat untuk ditayangkan di Indonesia adalah Transformers. Film ini sudah tayang kemarin 28 Juni 2007 di beberapa kota di Indonesia. Untuk lebih lengkapnya bisa dilihat di sini. Padahal di amerika serikat sendiri baru tayang 4 Juli atau minggu depan yang bisa dilihat dari posternya. Walau ternyata Manado tidak termasuk salah satu kota yang sudah menayangkan Transformers.

Poster Transformers

Saya sendiri sebenarnya tidak banyak tahu tentang kisah ini. Cuma pernah dikit-dikit aja sih. Tapi hasil dari browsing sana sini sama baca majalah Cinemags dan M2. Menurut hasil browsing dan bacaan yang saya dapat kisah Transformers berasal dari deretan mainan buatan Hasbro yang ada juga di komik buatan Marvel. Selain itu pernah tayang di televisi pada sekitar tahun 1984. Kenapa namanya Transformers, itu karena mereka bisa mentansform diri mereka menjadi kendaraan seperti pesawat dan mobil untuk bisa menyamar.

Jika pada tahun 80-an dulu yang tayang di televisi adalah versi kartun. Kali ini Don Murphy(produser Transformer) menampilkan versi live action-nya. Karena versi live action yang ditampilkan sudah barang tentu butuh special effect yang bagus. Dan untuk tampilan yang bagus tersebut membutuhkan dana yang tidak sedikit. Don Murphy akhirnya mau mengucurkan dana sekitar $150 juta. Selain itu Michael Bay yang sebelumnya pernah menangani Pearl Harbour, The Island, dan Bad Boys2 ditunjuk sebagai directornya. Sementara naskahnya ditulis oleh tim yang terdiri dari Roberto Orci, Alex Kurtzman, John Rogers, dan Tom DeSanto. Nama Steven Spielberg ternyata juga muncul sebagai produser sekaligus kepala tim teknis para animator CGI. Harapannya tentu saja karya yang bisa jadi masterpiece dan sukses secara finansial.

Kisahnya sendiri awalnya berlatar di Cyberton, sebuah planet antah barantah yang dihuni oleh dua kelompok robot yang berseteru. Dua kelompok itu adalah Autobot(protagonis) dan Deception(antagonis). Autobot yang berada di pihak protagonis bertekad melindungi dan menjaga perdamaian. Sedangkan Deception memiliki tujuan lain. Deception menginginkan dominasi atas Autobot. Pada dasarnya robot-robot itu hanyalah robot dengan penggerak mekanik yang dikendalikan sebuah unsur berjuluk “spark” yang berfungsi sebagai jiwa atau semacam roh mungkin, sehingga mereka memiliki emosi, mampu berpikir, bertindak dan bertingkah laku layaknya manusia biasa. Pada masing-masing kelompok terdapat robot yang berlaku sebagai pimpinan kelompoknya. Di pihak autobot ada Optimus Prime sedangkan di pihak Deception dipimpin oleh Megatron.

Perseteruan kedua kelompok tersebut berlangsung sampai dengan mereka kehabisan sumber energi. Ternyata persediaan Energon yang merupakan sumber energi mereka itu terlepas ke luar angkasa dan jatuh di bumi. Hal ini mendorong mereka untuk menempuh perjalanan ribuan tahun cahaya menuju bumi. Nah di bumi mereka kembali berperang dan Deception tak segan menghancurkan apapun yang bisa menghalangi mereka untuk mendapatkan Energon tersebut, termasuk membunuh umat manusia. Sementara Autobot justru berusaha melindungi umat manusia selain berupaya mendapatkan energon.

Post card Transformers

Kayaknya kalau dari sinopsis di atas nggak ada tokoh manusia yang disebut deh. Karena ini versi live action tentu butuh kehadiran tokoh manusia. Ada dua karakter utama manusia di Transformers(2007) ini. Mereka adalah pasangan Sam Witwicky(Shia Labeouf) dan Mikaela(Megan Fox). Mereka menjadi tokoh utama karena menjadi pihak yang memegang kunci letak sumber energi yang dicari para robot itu. Selain kedua orang itu ada juga Kapten Lennox(Josh Duhamel) dan Epps(Tyrese Gibson) yang menjdi tim Special Ops. Dan ada juga Jon Voight yang memerankan Sekretaris negara Keller.Pertarungan antar robot dalam versi live action sepertinya merupakan tontonan yang langka. Kalau melihat kemampuan mereka yang luar biasa ditambah tak mempannya senjata manusia untuk menghadapi robot itu bisa menambah daya tarik film ini. Karena belum nonton (huhh karena faktor tempat nih yang nggak ada satu pun bioskop di sini) jadi belum tahu kayak apa sih CGI(Computers Generated Image) yang ditampilkan. Sepertinya sih bakal seru abiss! Mungkin kalau film ini sukses bakal ada sekuel-nya. Sampai saat ini sih belum tahu kapan kira-kira nyampai 21 Manado, Kalau sudah nyampai Manado kayaknya sayang untuk dilewatkan.

“Autobots, Roll Out!”

Juni 29, 2007 - Posted by | Movie

1 Komentar »

  1. Adegan robot di film Wild Wild West yang dibintangi Will Smith tahun 99 mungkin terlihat cupu dan mesin-mesinnya terlihat sekedar gambar skin yang ditempelkan pada rangka. Tetapi tidak dengan film Transformer. Kita melihat gerakan-gerakan komponen terus menerus pada karakter robot

    Komentar oleh Kunderemp an-narkaulipsiy | Juli 9, 2007 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: