Bigbasz’s Personal Blog

Review TV Series "Prison Break Season 1"

Serial ini saya dapat atas rekomendasi penjual DVD di Mangga Dua. Ketika itu saya sedang mencari DVD Serial TV. Ketika saya tanyakan apa serial Tv yang bagus penjual itu menyarankan Prison Break, dia bilang nggak ada yang bilang jelek ini serial. Ya karena penasaran ya saya coba beli aja.

Prison break merupakan karya Paul Scheuring yang garis besarnya tentang kisah dua kakak beradik Michel Scofield dan Lincoln Burrows. Pada mulanya Lincoln Burrows diceritakan ditangkap dan diadili karena dianggap membunuh saudara laki-laki dari wakil Presiden Amerika Serikat, Terrence Steadman. Lincoln Burrows dijebak melalui rekaman video yang menunjukkan seoalah-olah Lincoln-lah yang membunuh saudara laki-laki wapres Amerika tersebut. Bukti rekaman ini didukung oleh teori motif yang kuat dari Lincoln yaitu baru saja dipecatnya Lincoln dari perusahaan korban. Oleh pengadilan Lincoln dijatuhi hukuman mati dan untuk sementara ditempatkan pada Fox River State Penitentiary. Semula sang adik Michael Scofield yang merupakan Insinyur tidak percaya dengan cerita Lincoln bahwa Lincoln tidak bersalah. Namun setelah akhirnya Scofield percaya bahwa Lincoln tidak bersalah, Scofield menyusun rencana untuk membebaskan Lincoln. Hal ini dilakukan Scofield karena merasa yang dihadapi kakaknya adalah Keluarga Wakil presiden dan secret service-nya, ditambah ada teori konspirasi dalam penjebakan Lincon Burrows. Sehingga sangat sulit untuk membuktikan kakaknya tidak bersalah. Maka mulailah Scofield menyusun rencana membawa kabur kakaknya dari penjara Fox River.

Dari blue print yang dia dapat, Scofield menggambar suatu tatto yang akan dilukiskan pada tubuhnya yang berisi peta penjara beserta keterangan pembantu yang sudah disamarkan. Scofield merencanakan dengan sangat baik, kemudian dia membuang hard drive komputer yan berisi rencana dia beserta tulisan dan gambar-gambar rencana ke luar jendela dan akhirnya jatuh di sungai dekat kediamannya. Setelah itu Scofiled mendatangi Bank dan melakukan usaha perampokan yang dengan sangat mudah digagalkan polisi. Setelah ditangkap dan diadili Scofield akhirnya dihukum 5 tahun penjara di penjara Fox River.

Sementara Scofield berusaha membawa kabur kakaknya dari penjara Fox River, Veronica Donovan teman kakak beradik itu sejak kecil sekaligus mantan kekasih Lincoln yang kebetulan pengacara berusaha mengumpulkan bukti yang bisa membuktikan Lincoln tidak bersalah. Dalam usahanya tersebut Veronica dibantu oleh Nick Savrin. Hanya saja merela berdua menghadapi kesulitan yang cukup rumit karena yang mereka hadapi adalah secret service. Secret Service berusaha membunuh semua saksi yang bisa membebaskan Lincoln dari tuduhan.

Dalam usahanya untuk kabur dari penjara Scofield membutuhkan bantuan sebuah tim yang terdiri dari beberapa orang. Untuk itu dia merekrut beberapa orang untuk masuk dalam timnya. Orang-orang tersebut terdiri dari Fernando Sucre, John Abruzzi, Theodore Bagwell(T-Bag), Benjamin Miles Franklin(C-Note), Charles Westmoreland. Semula timnya hanya mereka bertujuh saja. Mereka semua memiliki kepribadian dan latar belakang yang bebeda-beda sehingga bisa masuk dalam penjara.

Fernando Sucre, teman satu sel Scofield, Sucre adalah pemuda keturunan Meksiko golongan ekonomi lemah yang mempunyai seorang gadis impian yang berasal dari golongan kaya. Karena mereka berdua sudah saling mencintai, mereka tak segan untuk saling berhubungan layaknya suami istri, yang membuat kekasih Sucre tersebut hamil. Sebenarnya Sucre ingin menikahi kekasihnya tersebut. Namun sayang perbedaan kelas antara keduanya menghalangi usaha Sucre tersebut. Untuk itu Sucre berusaha merampok sebuah toko yang akhirnya membawa dia ke penjara.

John Abruzzi, seorang tokoh mafia kejahatan yang tertangkap karena kesaksian Otto Fibonacci. Abruzzi juga salah seorang Napi yang sangat berkuasa di Fox River. Karena kekuasaan Abruzzi inilah yang dapat memudahkan usaha Scofield. Abruzzi mau membantu Scofield karena dia ingin mengetahui lokasi Otto Fibonacci yang telah menjebloskan dia ke Fox River.

T-Bag, dia adalah napi mantan serial killer yang memiliki nafsu seksual sangat tinggi. Dia tertangkap karena memiliki beberapa kejahatan pembunuhan.

Benjamin Miles Franklin (C-Note), seorang tentara Amerika Serikat yang ditugaskan di Kuwait. Karena melihat dan melaporkan penyiksaan yang dia temui. Atasan langsung dia menjebak C-Note dalam kejahatan black market yang akhirnya menjeblosjkan C-Note ke Fox River. Selama dalam penjara kepada keluarganya C-Note hanya mengatakan bahwa dia bertugas di Irak. Nick name C-Note yang melekat pada Benjamin Miles Franklin berasal dari uang 100 dollar yang bergambar Benjamin Franklin, jika dalam angka romawi 100=C, maka dari dia dipanggil C-Note.

Charles Westmoreland, seorang napi yang mengetahui keberadaan uang hasil bajakan sebesar 5 Juta dollar. Uang sebesar itu akan digunakan Scofield dalam pelariannya nanti.

Selain mereka ada lagi beberapa orang napi yang akhirnya terlibat antara lain David “Tweener” Apolskis seorang pemuda mantan pencopet dan Charles “Haywire” Patoshik seorang napi yang memiliki kelainan jiwa. Kemudian masih banyak tokoh lagi yang ada di season pertama ini. Henry Pope(sipir penjara, Sara Tancredi(dokter penjara yang terlibat kisah cinta dengan Scofield), Brad Bellick(kepala keamanan penjara).

Ceritanya lumayan seru, lika-liku usaha Scofield dan kawan-kawan dalam meloloskan diri dari penjara enak untuk diikuti. Kisahnya dibuat dengan cukup cerdas yang membuat penonton berpikir dalam menontonnya. Dibutuhkan konsentrasi yang bagus dalam mengikutinya. Selain itu daya candunya lumayan besar juga. Hal ini yang membuat penonton selalu penasaran apa yang akan terjadi.

Juli 11, 2007 - Posted by | TV Series

4 Komentar »

  1. tw ga session 3 kapan keluar?? dah penasaran niy…

    Komentar oleh chii | Juli 26, 2007 | Balas

  2. Kalo menurut info dari IMDB katanya mau tayang lagi 29 Agustus di Fox Television.

    Komentar oleh bigbass82 | Juli 26, 2007 | Balas

  3. di rcti sekarang disiarin:
    http://www.rcti.tv/genre/serial-tv

    Komentar oleh DJabat | Januari 6, 2009 | Balas

  4. thx infonya, sayang waktunya jelek banget. Serial tv bagus kayak gin harus ngalah sama sinetron2 sampah.

    Tapi moga2 RCTI terus nayangkan sampai habis, jangan cuma season 1 doang.

    Komentar oleh Basuki Rahmat | Januari 6, 2009 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: