Bigbasz’s Personal Blog

Masih Ingat Pramuka?

Wah karena udah lama meninggalkan bangku sekolah dan lama nggak ikut upacara, jadi gampang lupa hari-hari nasional. Padahal dulu pas sekolah dari SD sampai SMU aka SMA, upacara jadi barang wajib yang harus diikuti. Kalo ketahuan nggak ikut bisa kena sanksi dari sekolah.

Hari ini tanggal 14 Agustus, bagi orang-orang yang sudah sibuk dengan aktifitas kantor biasanya sudah lupa dengan hari apakah hari ini. Yah memang bukan hari besar sih, cuma hari Pramuka. Jadi mungkin masih wajar kalau banyak yang lupa.

Pramuka atau sering disebut pandu atau kepanduan menurut wikipedia adalah Gerakan kepanduan terdiri dari berbagai organisasi kepemudaan, baik untuk pria maupun wanita, yang bertujuan untuk melatih fisik, mental dan spiritual para pesertanya dan mendorong mereka untuk melakukan kegiatan positif di masyarakat. Tujuan ini dicapai melalui program latihan dan pendidikan non-formal kepramukaan yang mengutamakan aktivitas praktis di lapangan. Jadi dengan kata lain Pramuka itu organisasi kepanduan di Indonesia. Di sekolah-sekolah Pramuka masuk dalam kegiatan ekstrakurikuler yang oleh sebagian sekolah di Indonesia diwajibkan untuk diikuti siswa-siswa sekolahnya.

Walaupun diwajibkan untuk diikuti, kegiatan Pramuka lumayan banyak yang kurang menyukainya. Kenyataannya dahulu ketika saya masih sekolah baik dari SD, SLTP dan SMU jarang ada anak yang ikhlas ikut kegiatan Pramuka, banyak yang menggerutu kenapa Pramuka wajib diikuti. Tidak sedikit juga teman-teman saya dulu yang berusaha membolos dari kegiatan ekstrakurikuler ini.

Saya sendiri termasuk golongan yang menyukai kegiatan di Pramuka. Sejak tingkatan Siaga sampai dengan Penegak, saya ikuti semua. Sewaktu SD jadi Siaga, kemudian pas SLTP jadi Penggalang dan pas SMU jadi Penegak. Jadi yang namanya Dwi Dharma, Dasa Dharma, Dwi Satya, maupun Tri Satya merupakan hafalan wajib saya dulu. Berikut Tri Satya untuk Penegak dan Dasa Dharma.
Trisatya

Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh:

  • menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mengamalkan Pancasila,

  • menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat,

  • menepati Dasadarma.

Kalau Dasa Dharma isinya

Pramuka itu:

  • Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

  • Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.

  • Patriot yang sopan dan kesatria.

  • Patuh dan suka bermusyawarah.

  • Rela menolong dan tabah.

  • Rajin, terampil, dan gembira.

  • Hemat, cermat, dan bersahaja.

  • Disiplin, berani, dan setia.

  • Bertanggungjawab dan dapat dipercaya.

  • Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan.

Kalau dari sisi kegiatan yang pernah saya ikuti adalah Pesta Siaga, kemudian Jambore walau hanya tingkat Cabang dulu dan beberapa kali perkemahan dan lintas alam. Seru juga kalau ingat pengalaman kegiatan dulu. Pengalaman yang termasuk masih segar di kepala adalah kegiatan semasa SMU dulu. Waktu itu Pramuka bukan kegiatan wajib hanyalah kegiatan pilihan, jadi yang ikut hanya sekitar 10 orang atau cukup satu regu. Sementara waktu itu kakak kelas berjumlah lumayan banyak, jadi sewaktu tes untuk jadi penegak satu orang calon penegak harus berhadapan dengan beberapa Penegak. Tapi jangan disalahartikan berhadapan itu ada pemukulannya. Selama ikut Pramuka saya belum pernah melihat ada pemukulan dalam kegiatannya. Pembinaan fisik yang saya alami dulu masih bersifat untuk melatih kebugaran saja.

Selain itu sewaktu SMU ketika ikut Persami Pramuka yang saya ingat saya tidak lagi membawa kompor untuk memasak. Berbeda dengan sewaktu masih penggalang di mana satu regu pastinya harus ada yang bawa kompor. Sewaktu SMU baik itu persami Pramuka atau perkemahan lainnya saya hanya membawa alat untuk memasak berukuran kecil, semacam kotak makanan dari logam yang saya gunakan untuk memasak. Sedangkan pengganti kompor dulu saya menggunakan kaleng semir dan kapur tulis yang sudah dilapisi lilin untuk bahan bakarnya.

Hari pramuka kali ini memang mengingatkan saya akan pengalaman pramuka dulu. Saat ini sepertinya Pramuka sudah banyak dilupakan orang. Jadi keinginan saya di hari Pramuka ini adalah terus hidup dan berlangsungnya Gerakan Pramuka, dan para anggota Pramuka bisa berbakti kepada masyarakat.

Agustus 14, 2007 - Posted by | Lain-lain

12 Komentar »

  1. Bagus2 teruskan semangatnya!!!!

    Komentar oleh Frederik | Agustus 21, 2007 | Balas

  2. Masih ingat saya ?
    Baz baz baz bazuki

    Komentar oleh aresto | Agustus 22, 2007 | Balas

  3. Masih ingat dong to.

    Komentar oleh Basuki Rahmat | Agustus 22, 2007 | Balas

  4. bismillah..
    gw akan terus pegang pramuka

    Komentar oleh nova | Oktober 28, 2007 | Balas

  5. ass. Pramuka itu bukan di seragam dan atribut saja namun harus menjurus kepada perbuatan dan perilaku kita sehari-hari. maju terus pramuka indonesia

    Komentar oleh ronal regen | Oktober 30, 2007 | Balas

  6. gw adalah anak pramuka meski dia sudah usang di libas zaman tapi gw tetep bangga jadi anak pramuka. buat lo para scouters: to be proud a scout. SALAM PRAMUKA

    Komentar oleh evan | November 21, 2007 | Balas

  7. mosok mas bas, di TN yg ikud Pramuka cuma sepuluh ekor???

    waktu kelas atu smu, pramuka ekskul wajib, tapi diriku setaun cuma dateng sekali. tapi kalo masalah kemping dan kawan2nya masih lebih baik dari beberapa temen pramukaku.

    klo dasadarma dan kawan2nya jika ditanya kepadaku, jawabanny “Sudah pernah hafal”

    Komentar oleh A Schu | Desember 24, 2007 | Balas

  8. Ya memang begitu dit, di sana kan nggak wajib kayak SMU/SMA lainny.

    Komentar oleh Basuki Rahmat | Desember 25, 2007 | Balas

  9. Salam Pramuka
    aq ikut pramuka dr mulai siaga ampe penegak…
    klo mslh kenangn sich g ush d blng kalee,,, dah bnyk kenangan n seru banget banget bangat dech g pernah aku dpt d orgnisasi laen only pramuka…
    n ksh cintaq bnknya d pramuka….. mang so’sweet bgt…

    Komentar oleh Novia D3v!y@nt! | April 26, 2008 | Balas

  10. eh…. ada yang ketinggalan he,he,he,
    bwt DKC Pandeglang aq kangen kalian semua
    bwt pangkalan TURUS Pandeglang ambalan zahra an-nawawi n nawawi al-bantani teruskan perjuangan kalian moga sukses selalu.
    bwt Pangkalan UIN SGD Bandung walaupun aq bru msk tp dah banyak kenangan bareng angkatanq waktu di baru beureum laam sayang selalu wat angkatan wo ai ni pok crot khusus nak al-ihsan boarding school.

    Komentar oleh Novia D3v!y@nt! | April 26, 2008 | Balas

  11. Salam Pramuka !

    Salam Kenal dari PIN ADDCIT Production
    Pusat Pin dan ID Card di Kediri
    http://pinaddict.wordpress.com/

    Kami juga menyediakan produk bernuansa Pramuka

    Salam
    Fajar
    http://fadjar29.blogspot.com/

    Komentar oleh fadjar29 | Januari 22, 2010 | Balas

  12. Salut tuk Bapak!!!!

    Komentar oleh Anis Chumaidah | Juli 30, 2010 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: