Bigbasz’s Personal Blog

Desktop PC atau Laptop @ Public Corner Metro TV 4 April 2008

Sepertinya banyak yang tahu kalau Metro TV adalah Indonesian First News Channel, sebuah slogan yang akhir-akhir ini sering banget aku dengar kalau nonton channel ini. Selain itu selama ini cara kerjanya bisa dikatakan sangat profesional. Yah katanya memang banyak orang yang expert di bidang news dan TV kan di sana.

 

Yang jelas TV ini pernah jadi stasiun TV lokal favoritku saat masih kuliah di STAN karena siarannya 24 jam. Kebetulan aku dulu cuma sempat nonton TV di waktu graveyard shift saja. Dan waktu itu yang siaran 24 jam awalnya kalau nggak salah hanya Metro TV. 

Tapi jumat sore kemarin ada hal yang agak janggal yang aku lihat di Metro TV. Masa TV sebesar Metro TV yang katanya seorang teman bahasannya selalu komplit nggak bisa dapat narasumber yang bagus dan menguasai bidang yang jadi bahasan topik acara sih. Nggak tahu hal ini apakah disengaja atau memang kecolongan.

Acara yang aku maksud di atas itu Public Corner, kebetulan topiknya mengenai Desktop PC atau Laptop. Topik yang menurutku sangat menarik untuk disimak. Kebetulan selama ini aku tertarik dengan bidang ini dan sewaktu bekerja aku sering berurusan dengan permasalahan IT di kantor. Bahkan karena tertarik dengan hal yang berbau laptop dan IT, makanya background FS dan MP-ku ini juga pake gambar di bawah ini.

Secara kebetulan juga beberapa bulan terakhir ini, banyak teman yang tanya-tanya masalah laptop ke aku. Padahal sebenarnya ilmu komputer-ku belum apa-apa sih. Jadi pas banget kalau ada acara yang bahas tentang laptop.


Presenternya cantik yaitu mbak Githa Nafeeza, topik-nya menarik, tapi sayangnya narasumber yang diundang kayaknya kurang kompeten untuk masalah laptop deh. Entah karena faktor grogi atau apa, yang jelas menurut pengetahuan yang pernah aku baca dan dengar cukup banyak blunder yang terjadi.

 

Karena sedang nggak di jogja, jadi nggak ada capture yang bisa saya upload. Tadinya akan tambah lengkap kalau posting ini bisa ketambahan capture acaranya. Padahal sinyal Metro TV lagi bagus-bagusnya setelah kekuatan sinyalnya ditingkatkan 30 kali lipat dibanding pasca gempa Jogja setahun yang lalu. Jadi posting ini nggak bisa seperti posting-ku tentang Democrazy kemarin yang ada gambar capture-nya. 

 

 

Hal-hal yang agak janggal yang aku ingat dari pembahasan tentang Laptop di Public Corner Jumat 4 April 2008 kemarin.  
  • Sewaktu membahas laptop murah, presenternya sempat bertanya masalah spesifikasi laptop dengan harga lima jutaan. Nah masa narasumbernya nggak tahu berapa rata-rata RAM yang ada di laptop lima jutaan sih, atau seringnya beli laptop mahal ya pak? Kalau setahuku dari laptop teman yang di kisaran harga itu 5 sd 6 juta (merk Acer) RAM-nya sekitar 512 yang bawaan, untuk upgrade jadi 1024 cuma nambah sekitar 200 ribu (harga di jogja).
  • Kemudian saat presenternya bertanya masalah upgrade laptop. Narasumber juga menjawab tidak bisa. Sampai presenternya menanyakan hal itu sampai dua kali. Dan kalau nggak salah narasumbernya menjawab kalaupun bisa diupgrade agak rugi karena harganya yang mahal dan sama saja beli baru. Masa sih pak, mungkin kalau upgrade terbatas seperti RAM dan Hard Disk nggak semahal itu deh. Barusan saya juga ganti hard disk di laptop yang Acer kok, dan harganya nggak terlalu mahal, walau harus bongkar laptop sendiri.
  • Kemudian saat ada penelepon yang menanyakan laptop aspal dan asli. Jawaban narasumber juga agak aneh aja menurutku. Masa orang awam yang belum paham komputer kalau beli laptop harus cari di mana nomor seri laptopnya. Kalaupun ketemu juga nggak bakal tahu itu nomor seri asli atau tidak. Repot banget sih pak? Kalau saya sih cukup tanya ini ada garansi resminya nggak, kalau ada garansi resmi apalagi garansi internasional, yah pasti asli lah. Atau beli saja di distributor resminya kalau takut laptop-nya aspal.
  • Terus masalah batere. Ketika ada yang tanya masalah harus copot batere dulu sebelum di-cas, kayaknya juga agak janggal deh. Masa kalau batere habis, setelah kita matikan laptop itu harus dicopot dulu baterenya baru dipasang dan dicas. Maksudnya untuk apa ya? Kalau memang mau dipakai lama memang aku biasanya copot batere dan pake UPS. Sementara untuk pemakaian sekitar 2 jam (batere-ku 4 Cell sih) baru pakai batere. Memang dengar-dengar kalau mau bagus batere ketika di-cas sebaiknya dalam posisi laptop mati. Tapi kalau harus copot dan pasang batere sebelum di-cas kayaknya belum pernah dengar deh.
  • Selain itu juga ada pembahasan mengenai harga sama spesifikasi beda atau spesifikasi sama tapi harga beda. Sepertinya narasumber sudah menjudge kalau yang harga murah itu jelek dan gampang rusak. Yah padahal kalau masalah pricing kan tergantung strategi marketing perusahaan laptop. Selain itu jika dilihat dari cara penetapan harga kan juga macam-macam bisa penetapan harga berdasar value, Target pricing yang jelas nggak selamanya berdasar cost plus pricing. Satu yang bisa aku tekankan di sini, nggak semua laptop murah itu murahan juga kok kualitasnya. Kalau seperti pernyataan narasumber itu bisa membuat orang takut beli laptop murah dong.

Kayaknya cuma itu yang aku ingat dari Public Corner jumat 4 April 2008 kemarin. Seingatku narasumbernya dari majalah Gadget. Sepertinya bakal lebih cocok kalau mengundang dari majalah PC, mungkin bisa dari PC Media atau CHIP. Dari PC Media pak Anton Pardede kalau nggak salah juga pernah diundang Metro TV di E-Lifestyle. Jadi lain kali hati-hati dong Metro TV kalau memilih narasumber.

Kalau misal ada yang salah dari opini-ku di atas mohon koreksinya aja deh. Maklum walau suka masalah IT, tapi masih belum apa-apa ilmu aku dapat selama ini. Cuma agak gregetan saja lihat jawaban narasumbernya kemarin. Kalau misal sang narasumber juga tahu tulisan ini saya juga mohon maaf. Sepertinya setiap acara di Metro TV punya email tempat buat kritik dan saran. Cuma aku lupa apa alamat email-nya. Nanti kalau sudah tahu, kayaknya kritik ini perlu disampaikan.  

 

 

 

April 5, 2008 - Posted by | Televisi |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: