Bigbasz’s Personal Blog

NPWP, Sunset Policy dan Bebas Fiskal buat Pemilik NPWP, lalu?

Salah satu berita yang mendominasi berita di TV selama 24 jam terakhir adalah mulai berlakunya bebas fiskal buat pemilik NPWP mulai 1 Januari 2009. Dan bebas fiskal itu berlaku minimal setelah 3 hari memiliki NPWP. Jadi kalo baru daftar NPWP terus pergi ke luar negeri ya belum bisa memanfaatkan kebijakan ini😀 Sedangkan yang belum punya NPWP harus membayar sebesar 2,5 juta rupiah. Mahal banget yah? Tapi jika belum berumur 21 tahun masih bebas fiskal kok.Selain itu berita tentang perpanjangan Sunset Policy juga sedikit melegakan bagi rekan-rekan yang bekerja di Ditjen Pajak. Dan tentunya melegakan juga buat orang-orang yang belum sempat memanfaatkan policy tersebut. Jadi buruan deh dateng ke Kantor Pelayanan Pajak bagi yang ingin ikutan.
 

(Oya karena nggak kerja di Pajak dan nggak terlalu memperhatikan berita dengan seksama mohon koreksinya yah kalo ada kesalahan aka CMIIW!)

Terus bagaimana dengan aku? mau ikutan memanfaatkan sunset policy dan bebas fiskal itu nggak?Yah kalo masalah bebas fiskal buat ke luar negeri kayaknya belum dalam waktu dekat. Ngapain juga ke luar negeri, lagian emang belum punya cukup uang buat jalan-jalan ke sana sih. Kecuali ada yang mau bayarin ongkos dan akomodasinya.

Kalo NPWP jelas sudah punya dong. Itu juga yang bikin aku dapat peringatan beberapa bulan yang lalu karena telat nyerahkan SPT, kirain SPT diurusin kantor sih karena aku lagi nggak ngantor.  Padahal dulu pas daftar NPWP yang ngurus juga kantor.

Nah karena yang ngurus NPWP kantor jadinya aku belum pegang kartunya sampai sekarang. Nggak tahu tuh gimana ngurusnya.

Tapi kan kalo pake azas Substance over form alias substansi melebihi bentuk(akuntansi banget nih) sudah cukup lah punya NPWP. Kartu-nya kan nggak terlalu penting, eh tapi kalo mau bebas fiskal  kartunya jadi penting ding . Yang paling penting tetap bayar dan laporkan pajaknya

 

 

Blogged with the Flock Browser

Januari 2, 2009 - Posted by | Lain-lain | , , ,

1 Komentar »

  1. Pi q gx tw dmna mndaftar….truz mndaftar’a byar pa gx yae…??

    Komentar oleh Erni | Oktober 22, 2011 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: