Bigbasz’s Personal Blog

Kenaikan Limit Kartu Kredit BNI 3 Kali Lipat

Saat ini Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan sedang mensosialisasikan kepada masyarakat agar menimalkan penggunaan uang kas dalam transaksi. Salah satu cara bertransaksi tanpa uang kas adalah menggunakan kartu kredit. Karena media kartu kredit termasuk cukup praktis dan bisa digunakan di toko konvensional ataupun toko online.

Jumlah nominal uang yang bisa digunakan dalam bertransaksi oleh pemegang kartu kredit dibatasi sesuai hasil appraisal dari Bank. Biasanya sebelum kartu kredit bisa diterbitkan, nasabah akan dinilai berapa limit yang layak berdasarkan profil nasabah tersebut. Prosesnya mungkin mirip dengan proses pengajuan kredit. Karena sejatinya kartu kredit sebelas dua belas dengan kredit/utang kepada bank, bahkan kartu kredit tanpa ada jaminannya. Limit awal kartu kredit yang normal biasanya sebesar maksimum jumlah penghasilan bulanan nasabah. Misalkan seseorang yang punya penghasilan 5 juta rupiah dan belum punya kartu kredit saat mengajukan kartu kredit normalnya akan mendapat limit 5 juta rupiah.

Limit kartu kredit tersebut bisa bertambah pada tahun kedua atau setelahnya jika menurut bank nasabah tersebut layak mendapatkan kenaikan limit. Biasanya kenaikan itu terjadi karena nasabah sering menggunakan kartu kredit sampai mendekati limit bulanan dan tetap rajin membayar tepat waktu. Asumsi bank mungkin nasabah tersebut punya kemampuan ekonomi yang cukup dan bisa diberikan kenaikan limit. Atau bisa juga dari usulan nasabah jika nasabah bisa memberikan bukti penghasilan yang lebih besar dari limit kartu kredit awal. Misalkan nasabah punya limit awal kartu kredit sebesar 5 juta kemudian nasabah memberikan surat keterangan penghasilan baru sebesar 8 juta maka bisa saja nasabah meminta kenaikan limit sebesar 8 juta. Secara umum biasanya lewat dua cara itu kenaikan limit kartu kredit dapat tererealisasi.

Berdasarkan pengalaman pribadi saya sebelum Desember 2014 saya sudah dua kali mendapat kenaikan limit. Yang pertama dari Bank Mandiri yang asumsi saya karena pemakaian saya yang cukup intens bahkan pernah transaksi kartu kredit mandiri saya sampai 2 kali lipat limit saya dalam sebulan. Kenaikan limit yang saya peroleh hanya sebesar 40% dari limit awal saya atau sekitar 2 juta rupiah. Dan sejak kenaikan tersebut belum pernah ada kenaikan limit lagi. Mungkin karena saya mulai jarang pakai CC dari Mandiri tersebut. Kemudian yang kedua dari ANZ yang besarnya juga 2 juta rupiah namun kenaikan tersebut karena perubahan jenis kartu dari semula Master Gold kemudian menjadi Master Titanium dan saat ini dari ANZ tidak ada lagi Master Gold yang ada langsung Master Titanium.

Nah bulan Desember lalu saya dikejutkan dengan sms dari BNI yang memberitahukan bahwa limit Lotte Master Card Gold saya naik dari 4 juta menjadi 12 juta atau 3 kali lipat limit awal. Sebuah jumlah kenaikan yang cukup fantastis apabila melihat profil pemakaian CC BNI saya tersebut yang sangat jarang digunakan. Usut punya usut kenaikan fantastis tersebut dialami oleh banyak teman saya yang menggunakan CC BNI dan besaran kenaikannya juga sama yaitu 3 kali lipat.

Ada yang senang dengan kenaikan tersebut ada juga yang tidak senang karena tanpa meminta persetujuan nasabah. Saya sendiri tidak mempermasalahkan kenaikan tersebut. Hanya sedikit bertanya-tanya apa penyebab kenaikan limit banyak nasabah kartu kredit BNI tersebut.

Jika boleh menerka dasar BNI menaikkan limit kartu kredit di banyak nasabahnya tersebut mungkin karena peraturan dari Bank Indonesia yang akan membatasi kepemilikan kartu kredit bagi nasabah pemegang kartu kredit yang punya profil penghasilan di bawah 10 juta rupiah untuk hanya dapat memiliki kartu kredit dari 2 bank penerbit. Kalau tidak salah ketentuan ini akan mulai berlaku tahun 2015. Dan BNI ambil ancang-ancang agar produknya dipertahankan oleh nasabahnya jika harus nasabahnya harus memilih kartu kredit mana yang akan ditutup.

Sekali lagi hal tersebut di atas hanya merupakan dugaan saya dan belum ada pernyataan resmi dari BNI atas hal tersebut. Dan mekanisme pembatasan yang akan diberlakukan oleh BI pun saya belum mendapat informasi bagaimana caranya.

Ket: Gambar diambil dari situs http://www.bnicardcenter.co.id/

Januari 12, 2015 - Posted by | Money | , ,

3 Komentar »

  1. Mau tanya juga dong pak barangkali tau, saya juga pemegang kartu Gold LotteMart, sebelumnya limit 7jt dan ada sms yang nanti akan dinaikkan limitnya menjadi 17,5jt paling lambat 24 june, nah itu ada kena biaya tambahan apa yaa? misal jumlahnya signifikan lebih baik saya tolak aja ya karena 7jt sudah cukup, Mohon sharing nya

    Komentar oleh Ana | Juni 12, 2015 | Balas

    • waduh telat banget kayaknya saya baca komentar ini. Kemarin sih gak ada biaya tambahan untuk kenaikan limit. Pengalaman saya dengan Bank Mandiri dan ANZ juga gak ada biaya untuk kenaikan limit jika memang dari pihak bank-nya.

      Komentar oleh Basuki Rahmat | Agustus 12, 2015 | Balas

  2. Ada cara yg bagus gak biar bisa dinaikkan kalau Cc nya masih baru?
    Ane iseng tanya cs katanya minimal dah terpakai 6bulan baru bisa naik

    Komentar oleh ALF | Mei 25, 2016 | Balas


Tinggalkan Balasan

