Bigbasz’s Personal Blog

DropBox dan Google Drive Mantap, OneDrive Mengecewakan

logo_onedrive2014_hero1DBgoogle-drive1

Masih pakai flash disk? Cloud Storage dong.

Yup saat ini jika kita memiliki langganan internet yang cukup, file-file yang tidak terlalu besar dan ingin sering bisa diakses di mana-mana akan sangat mudah jika kita punya cloud storage. Cloud storage adalah media penyimpanan online yang bisa diakses di mana saja selama kita punya akses internet. Dan saat ini yang cukup populer digunakan adalah DropBox, Google Drive dan OneDrive (formerly SkyDrive).

Dan kebetulan saya pakai ketiga layanan tersebut dan langganan versi berbayar dari ketiga layanan tersebut. Dan berdasarkan pengalaman saya selama ini dapat saya uraikan beberapa catatan dari saya:

1. Kapasitas Gratis

Dari segi kapasitas gratis DropBox sepertinya paling kecil karena hanya 2 GB, jadi bagi para pecinta gratisan DropBox mungkin bukan pilihan yang bagus terkecuali untuk orang yang tidak butuh kapasitas besar. Sementara Google Drive mungkin yang paling besar karena ada 15 GB yang bisa digunakan secara gratis. Hanya saja 15 GB itu bisa tidak optimal karena harus berbagi dengan layanan Google lainnya (Gmail dan Google + Photos). So jika selama ini sering pakai attachment di Gmail dalam jumlah besar kemungkinan besar kapasitas tersisa untuk Google Drive kita tidak akan banyak. Sementara OneDrive awalnya hanya memberikan 7 GB yang free, namun sejak Juni 2014 lalu, Microsoft menambah kapasitas gratisnya menjadi 15 GB mengikuti Google Drive. Dan sampai saat ini sepengetahuan saya kapasitas OneDrive dipisahkan dengan layanan Email-nya.

Jika kita merasa kapasitas gratis tersebut tidak cukup maka kita bisa membeli kuota tambahan. Kuota tambahan terkecil yang tersedia untuk OneDrive adalah 20 GB kemudian ada juga yang 50 GB dan seterusnya. Sementara Google Drive layanan terkecil yang tersedia hanya 100 GB tidak ada paket dibawah 100 GB. DropBox lebih parah lagi karena layanan berbayarnya yang terkecil adalah 1 TB. Namun DropBox memberikan peluang kepada pemakainya untuk mendapat ruang gratis lebih besar dengan beberapa cara (posting di socmed dan merekomendasikan pelanggan baru).

 2. Biaya dan Cara Biaya

Dari segi biaya OneDrive adalah yang termurah karena ada paket 20 GB ataupun 50 GB. Saya sendiri memilih paket 50 GB yang perbulannya sekitar 1 US dollar. Sementara Google Drive yang termurah 1,99 US Dollar agak lebih mahal dari OneDrive tapi hal ini bisa dimaklumi karena kapasitas yang ditawarkan lebih besar yaitu 100 GB. Sistem langganan per bulan dari OneDrive dan Google Drive ini agak menjengkelkan saya. Karena setiap bulan akan muncul tagihan di Billing Kartu Kredit. Akan lebih nyaman jika ada opsi setahun sekali. Sebelumnya OneDrive pernah menawarkan opsi tersebut namun kemudian menhapusnya dan mengganti jadi bulanan. Untuk DropBox ada opsi tahunan dan harganya secara nominal paket terendah adalah yang termahal. 1 TB yang ditawarkan dropbox diberikan harga 9,9 US Dollar per bulan atau jika ingin lebih hemat 99 US Dollar per tahunnya.

3. Kecepatan dan Kemudahan Sinkronisasi

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan dalam memilih layanan Cloud Storage adalah kecepatan dan kemudahan sinkronisasi. Untuk hal ini Google Drive dan DropBox unggul jauh atas OneDrive. Dropbox unggul karena bisa dengan mudah dalam pemindahan folder Dropbox di komputer kita dan kecepatan internet yang digunakan adalah maksimal kecepatan internet kita. Tak jauh beda dengan Dropbox, Google Drive juga bisa memanfaatkan kecepatan internet kita secara maksimal. Dan yang paling mengecewakan adalah OneDrive yang gagal dalam mengoptimalkan kecepatan internet kita. Berdasarkan pengalaman saya, saat sync DropBox dan Google Drive bisa dicapai kecepatan 5 s.d. 7 Mbps, sedangkan saat coba sync OneDrive cuma bisa 1 Mbps. Internet yang saya coab gunakan adalah Telkomsel, Smartfren dan First Media. Di ketiga operator itu OneDrive sangat tidak maksimal.

Sementara sekian dulu catatan dari saya. Jika memang tidak terlalu butuh layanan storage besar dan bisa mengkontrol attachment kita mungkin Google Drive juaranya. Namun jika kita bisa berburu pelanggan baru mungkin Dropbox bisa dipertimbangkan. Untuk OneDrive sepertinya tidak layak dipilih. Kecuali untuk die hard fans microsoft.

Januari 25, 2015 - Posted by | Internet |

2 Komentar »

  1. Good info, Perihal pembelian cloud storage dropbox, setahun harga 9,99 US Dolar apakah sudah fix tanpa kena biaya tax/pajak? berdasarkan pengalaman anda. Terima kasih.

    Komentar oleh tonnyaw78 | April 29, 2015 | Balas

    • maaf baru baca dan balas. Terakhir saya bayar pakai paypal dengan kurs 12500-an sekitar bulan November 2014 tanpa ada biaya lain seperti pajak dll. Mungkin karena direct tidak pakai badan usaha yang ada di Indonesia jadi tidak ada pajaknya.

      Komentar oleh Basuki Rahmat | Agustus 12, 2015 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: